Jumat, 11 September 2015

Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri



Kimia Dan Pengetahuan Lingkungan Industri
K
imia adalah ilmu yang mempelajari tentang komposisi , struktur , dan sifat zat atau materi dari skala atom hinga molekul . kimia juga sering disebut sebagai  “ ilmu pusat “ karena menghubungkan berbagai ilmu lain seperti , fisika , matematika , biologi dan lain-lain.


Kimia Dalam Minyak Bumi
Minyak bumi diperoleh dari dalam bumi melalui pengeboran berupa minyak mentah . Minyak bumi biasanya berada dalam kedalaman 3-4 meter di bawah permukaan bumi . Didalam lapaisan bumi , minyak bumi biasanya berada bersama gas alam .
          Biasanya minyak bumi Indonesia mengandung karbon , hidrogen , sulfur , nitrogen dan oksigen sehingga minyak bumi Indonesia memiliki kualitas yang lebih bagus dari negara lain . senyawa yang berada di dalam minyak bumi terdiri dari :
1.    Alkana
2.    Sikloalkana
3.    Hidrokarbon Aromatik
4.    Unsur organik dan mineral

Sebelum digunakan untuk bahan bakar , biasanya minyak bumi di olah dengan dua tahap , yaitu Desalting dan distilasi ( penyulingan ).
1.    Desalting
Desalting atau yang lebih kita kenal penghilangan garam adalah proses pembersihan mineral dalam minyak mentah , kegunaan desalting biasanya untuk mencegah korosi pipa minyak dan juga untuk mencegah tersumbatnya lubang-lubang di menara fraksinasi, cara melakukan desalting yaitu dengan cara mencampurkan minyak dengan air sehingga mineral terlarut dalam air setelah dicampur dengan air minyak mentah ditambahkan dengan asam dan basah .
2.    Distilasi
Distilasi adalah titik didih senyawa hidrokarbon . senyawa-senyawa hidrokarbon yang terdapat dalam minyak dapat dipisahkan dengan cara perbedaan titik didih .









          Setelah melakukan desalting dan Distilasi ( penyulingan ) akan mengeluarkan fraksi-fraksi . Fraksi-fraksi minyak bumi dapat langsung digunakan tetapi ada beberapa fraksi yang harus diolah lebih lanjut , yaitu melalu proses perengkahan dan treating.
1.    Perengkahan , proses pemecahan molekul senyawa hidrokarbon panjang menjadi hidrokarbon lebih pedek.
2.    Treating , proses menghilangkan pengotoran pada minyak supaya lebih murni.



REFRENSI :
1.  Atkins, P.W. Galileo's Finger (Oxford University Press)




http://www.atep-afia.net/2015/09/tugas-01-kpli-reguler-artikel-kimia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar